Blueberry

Buahpikiran – Blueberry merupakan tanaman berbunga termasuk yang dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Blueberry tumbuh dan berkembang di Amerika Utar. Beberapa tanaman lain yang termasuk genus Vaccinium juga memproduksi beri biru yang mirip dengan blueberry, terutama bilberry Eropa (Vaccinium myrtillus), dimana dalam banyak bahasa memiliki nama yang artinya sama dengan “blueberry” dalam bahasa Inggris.

buah blueberry

Klasifikasi Tanaman  

Kerajaan

Plantae

Divisi

Magnoliophyta

Kelas

Magnoliopsida

Ordo

Ericales

Famili

Ericaceae

Genus

Vaccinium

Seksi

Cyanococcus

Tanaman Blueberry termasuk tanaman semak, memiliki ukuran mulai dari 10 cm hingga 4 m. Spesies paling kecil dikenal dengan sebutan “bluberry semak rendah” (sama dengan “liar”) dan spesies terbesar ialah “blueberry semak tinggi”. Daunnya biasanya berganti atau hijau sepanjang tahun, ovate hingga lanceolate, dan panjangnya 1-8 cm dengan lebar 0.5-3.5 cm. Bunganya memiliki bentuk bel, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan. Ada banyak sekali spesies Vaccinium yang terdapat di dunia ini termasuk yang dapat ditanam di Indonesia, diantaranya:

  • Vaccinium angustifolium (Blueberry Semak Rendah)
  • Vaccinium darrowii (Blueberry Semak Tinggi Selatan)
  • Vaccinium boreale (Blueberry Utara)
  • Vaccinium corymbosum (Blueberry Semak Tinggi Utara)
  • Vaccinium caesariense (Blueberry New Jersey)
  • Vaccinium elliottii (Blueberry Elliott)
  • Vaccinium hirsutum (Blueberry Berbulu)
  • Vaccinium formosum (Blueberry Selatan)
  • Vaccinium fuscatum (Blueberry Semak Tinggi Hitam; sin. V. atrococcum)
  • Vaccinium myrtilloides (Blueberry Kanada)
  • Vaccinium pallidum (Blueberry Tanah Gersang)
  • Vaccinium tenellum (Blueberry Selatan)
  • Vaccinium simulatum (Blueberry Semak Tinggi Dataran Tinggi)
  • Vaccinium virgatum (Blueberry Mata Kelinci; sin. V. ashei)

Beberapa spesies berbuah biru Vaccinium:

  • Vaccinium koreanum
  • Vaccinium myrsinites (Blueberry Daun Hijau)

Kandungan Gizi Per 100 gram

Buah Blueberry adalah buah berwarna biru atau ungu yang mengandung gizi yang cukup tinggi. Buah yang kaya akan nutrisi ini bisa dikonsumsi segar ataupun diolah menjadi jus dan selai blueberry.

Jenis Nutrisi / Gizi

Kandungan

Kalori (Energi)

57kcal (240 kJ)

Karbohidrat

14,49 g           

Air

84 g

Protein

0,74 g

Serat

2,4 g

Lemak

0,33 g

Gula

9,96 g

Vitamin A

54 IU

Vitamin C

9,7 mg

Vitamin D

0 µg

Vitamin E

0,57 mg

Vitamin K

19,3 µg

Vitamin B1 (Thiamine)

0,037mg

Vitamin B2 (Riboflavin)

0,041 mg

Vitamin B3 (Niacin)   

0,418mg

Vitamin B5

0,124  mg

Vitamin B6

0,052 mg

Vitamin B9 (Folat)

6 µg

Magnesium

6 mg

Kalsium

6 mg

Fosfor

12 mg

Zat Besi

0,28 mg

Potassium (Kalium)

77 mg

Sodium

1 mg

Seng (Zinc)

0,165 mg

Selain kandungan gizi atau nutrisi diatas, Buah Blueberry juga mengandung Fitokimia atau Fitonutrien (Phyto-nutrients) dimana sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh yaitu Carotene-ß sebesar 32 µg dan Lutein-zeaxanthin sebesar 80 µg.

Manfaat Buah Blueberry bagi Kesehatan Manusia

Dengan berbagai kandungan gizi pada buah blueberry, tentu buah mungil ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut beberapa manfaat buah blueberry bagi kesehatan tubuh manusia:

    1. Memperkuat dan Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Magnesium, Seng, Mangan dan Vitamin K pada buah Blueberry dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan-kandungan tersebut juga dapat meningkatkan kepadatan dan elastisitas tulang serta berkontribusi untuk mempertahankan struktur tulang dengan baik.

    1. Merawat Kesehatan Kulit

Kandungan Antosianin (Anthocyanin) yang terdapat pada Buah Blueberry adalah Pigmen pemberi warna pada buah yang larut dalam air. Pigmen ini bertanggung jawab mencegah kerusakan DNA oksidatif dan Vitamin C yang dikandung oleh Blueberry merupakan factor besar dalam membangun kalogen (protein yang menyusun tubuh manusia). Kedua kandungan ini dapat mencegah keriput, bintik-bintik karena penuaan dini dan jerawat serta mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh debu, polusi, asap dan sinar UV.

    1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Penelitian menunjukan bahwa kandungan serat yang tinggi dan antioksidan yang berlimpah dalam buah Blueberry dapat membantu melarutkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Oleh karena itu, buah Blueberry sering dijadikan supplemen diet yang ideal untuk menurunkan kolesterol dan memperkuat otot jantung serta menyembuhkan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung. Buah Blueberry juga mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang membantu mengendalikan tekanan darah.

    1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Blueberry dapat digunakan untuk mencegah Aterosklerosis (atherosclerosis), serangan jantung, dan stroke. Hal ini dikarenakan Buah Blueberry mengandung serat, antosianin, kalium, folat, vitamin B6, dan vitamin C. Serat dan Antosianin mengurangi kadar kolesterol dan mencegah penyumbatan arteri. Vitamin B6 dan folat mencegah kerusakan pembuluh darah dengan cara menghambat pembentukan homocysteine, sedangkan kalium mengatur kerja otot-otot jantung.

    1. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Buah Blueberry mengandung senyawa tertentu seperti Pterostilbene yang merupakan obat yang sangat baik untuk usus besar dan kanker hati dan asam ellagic yang dapat menangkal berbagai jenis kanker. Kedua senyawa ini bekerja dengan selaras dengan Antosianin dan Antioksidan lain seperti Vitamin C dan Copper (tembaga) dapat mencegah dan menyembuhkan kanker.

    1. Meningkatkan Fungsi Otak

Vitamin, Mineral dan Fitonutrien yang terkandung dalam buah Blueberry dapat menyembuhkan gangguan saraf dengan mencegah degenerasi dan kematian neuron. Nutrisi-nutrisi penting ini juga melindungi sel-sel otak dan membantu memulihkan kesehatan sistem saraf pusat. Buah yang mungil ini dapat menurunkan risiko gangguan otak seperti penyakit Alzheimer menurut hasil penelitian dari Journal of Agricultural and Food Chemistry. Nutrisi-nutrisi ini bahkan dapat menyembuhkan sel-sel otak dan jaringan neuron yang rusak sehingga ingatan kita tetap tajam.

    1. Menjaga Kesehatan Mata

Sifat antioksidan pada buah Blueberry dapat mencegah atau menunda masalah mata yang terkait dengan usia. Buah Blueberry mengandung antioksidan khusus yang disebut dengan karotenoid (lutein, zeaxanthin), flavonoid (seperti rutin, resveratrol, quercetin) dan senyawa antioksidan lainnya yang pada dasarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan okular.

Budidaya Tanaman

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum budidaya tanaman buah blueberry:

  • Pilih tempat yang cerah dan terlindung. Tanaman blueberry toleran terhadap naungan, tanaman akan tumbuh dengan baik apabila mendapat sinar matahari yang cukup. Pada saat yang sama, mereka tidak boleh terkena sinar matahari langsung.
  • Jangan menanam blueberry terlalu dekat dengan pohon, sebagian pohon tidak hanya menghalangi sinar matahari, tetapi juga akan menyedot kelembaban dalam tanah.
  • Jika menanam beberapa semak blueberry, yang terbaik adalah menanam di sebuah patch, daripada tersebar di seluruh Taman Anda. Ini akan meningkatkan produksi dan kualitas Berry.
  • Blueberry adalah tanaman yang berakar dangkal. Oleh karena itu, membutuhkan tanah yang mampu menahan kelembaban, tetapi juga mengalir dengan baik dan tidak tetap basah. Jangan menanam blueberry di lahan tanah liat yang tetap basah.
  • Blueberry berkembang dengan baik di tanah yang bersifat asam. PH tanah idealnya harus antara 4 dan 5. Tanah dapat diasamkan dengan mencampur sejumlah kecil belerang granulasi ke dalam tanah beberapa bulan sebelum tanam. Lumut gambut, serta kulit pohon pinus atau jarum, juga merupakan tambahan yang baik yang akan membantu mengasamkan tanah Anda.
  • Campur bahan organik ke dalam tanah sebelum menanam blueberry Anda.

Cara Menanam Blueberry Bushes

  • Galilah lubang dengan kedalaman sekitar 50 cm dan lebar 45 cm (atau sekitar dua kali lebih lebar dan dua kali lebih dalam sebagai akar tanaman).
  • Ruang semak 125 – 150 cm terpisah berturut-turut, dengan setidaknya 250 cm antara baris.
  • Siapkan campuran penanaman 2 bagian loam dan satu bagian cetakan daun Oak, humus, serbuk gergaji, atau kompos, dan menempatkan lapisan campuran ini di bagian bawah lubang.
  • Aturlah semak di lubang dengan akarnya yang menyebar keluar. Uruk sisa lubang dengan tanah.
  • Berikan pupuk satu bulan setelah tanam, bukan pada saat tanam. Berikan 1/2 ons pupuk NPK 10-10-10  dengan jarak  15 – 30 cm dari tanaman.

Menanam Blueberry Dalam Pot

Menanam blueberry di pot bisa lebih mudah untuk melindunginya dari burung dan makhluk lain, lebih tahan penyakit, mudah untuk panen, dan mudah untuk dipindahkan jika diperlukan.

  • Gunakan wadah besar dengan lubang drainase.
  • Gunakan campuran pot yang sengaja dirancang untuk tanaman yang membutuhkan media asam seperti Azalea atau rhododendron, atau campuran tanah berpasir dengan gambut lumut dan kompos.
  • Menanam semak dalam wadah dan air sumur.
  • Tambahkan Mulsa di atas tanah untuk menjaga kelembaban.
  • Tempatkan pot di tempat yang cerah.
  • Jauhkan tanah yang becek.
  • Di daerah amerika utara yang beriklim dingin, biasanya mereka menutupnya dengan jerami jika salju turun.

Merawat Tanaman

  • Blueberry adalah camilan favorit burung lapar, jadi dianjurkan agar Anda melindungi semak blueberry sebelumnya dengan mengalungkan jaring burung di atas tanaman Anda.
  • Satu tahun setelah tanam, berikan 1 ons NPK 10-10-10 per semak diawal musim penghujan, dan tingkatkan dosis pemupukan 1 ons setiap tahun kemudian untuk maksimum 8 ons untuk semak dewasa.
  • Jangan biarkan semak untuk menghasilkan buah untuk tahun pertama atau dua setelah tanam. Hal ini memungkinkan tanaman menggunakan energi untuk mendapatkan mapan di rumah baru sebagai gantinya.
  • Gugurkan kembali bunga yang berkembang pada tanaman yang baru ditanam untuk menjaga suplai energi untuk pertumbuhan.

Tahap Pemangkasan

Cara Memangkas Blueberry

  • Untuk 4 tahun pertama atau lebih setelah tanam, tidak perlu memangkas semak blueberry. Sejak saat itu, pemangkasan dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan tunas baru yang akan berbuah pada musim berikutnya.
  • Potonglah tunas yang mati, patah, pendek, lemah, dan kurus. Hanya sisakan tunas yang produktif.

Masa Panen

Cara Memanen Blueberry

  • Seleksi buah Blueberry biasanya antara bulan Juni dan Agustus.
  • Jangan terburu-buru untuk memilih buah segera setelah mereka berubah menjadi biru. Tunggu beberapa hari. Ketika mereka siap, mereka harus jatuh tepat ke tangan Anda.
  • Jika Anda menanam semak blueberry berusia 2 tahun, mereka harus mulai menanggung dalam satu atau dua tahun. (Pilih dari setiap bunga yang membentuk tahun pertama atau dua setelah tanam, untuk memungkinkan semak untuk menjadi mapan.) Sadarilah bahwa produksi penuh hanya dicapai setelah sekitar 6 tahun (tergantung pada varietas).