Apa itu strategi pemasaran/marketing? Strategi pemasaran dapat diartikan sebagai suatu upaya untuk memasarkan suatu produk dengan menggunakan pola atau cara yang terencana sehingga mendapatkan tingkat penjualan yang lebih tinggi.

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran/marketing memiliki peran yang cukup fital dalam sebuah perusahaan atau bisnis. Strategi pemasaran/marketing merupakan ujung tombak perusahaan yang tujuannya adalah mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan barang atau jasa.

Strategi Pemasaran Menurut Ahli adalah sebagai berikut:

Strategi pemasaran juga didefinisikan berbeda-beda oleh beberapa ahli, diantaranya adalah:

  • Kurtz (2008)

“Merupakan keseluruhan program perusahaan untuk menentukan target pasar serta memuaskan konsumen dengan cara membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi, dan harga.”

  • Philip Kotler

“Adalah suatu konsep pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.”

  • Tjiptono

“Strategi pemasaran merupakan sebuat alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, serta progam pemasaran yang digunakan untuk melayani target pasar tersebut.”

Beberapa definisi strategi pemasaran diatas jika dirangkum menjadi suatu konsep atau upaya dalam mencapai tujuan pemasaran dengan cara-cara atau trik yang berhubungan dengan, penetapan target, pemasaran produk, hingga menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix guna memaksimalkan penjualan barang atau jasa tersebut.

Manfaat Strategi Pemasaran

Dalam sebuah perusahaan atau bisnis, pembentukan strategi peasaran memiliki manfaat atau fungsi yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Motivasi

Pembentukan strategi pemasaran ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi manajemen perusahaan dalam upaya melihat masa depan. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga dan memastikan keberlangsungan perusahaan pada masa yang akan datang.

  1. Mengkoordinasi Pemasaran

Strategi pemasaran ini bermanfaat untuk mengkoordinir jelannya pemasaran dalam perusahaan sehingga lebih efektif dan efisien. Jadi pemasaran dalam perusahaan hanya menjalankan sesuai dengan strategi perusahaan yang sudah dibuat.

  1. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Tujuan perusahaan juga dapat ditentukan melalui strategy marketing. Terlebih  lagi bagi perusahaan yang sektor utamanya adalah penjualan. Adanya strategi perusahaan maka pelaku usaha akan didorong untuk membuat detail tujuan yang hendak dicapai, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

  1. Pengawasan Kegiatan Pemasaran

Bukan hanya mengkoordinir, akan tetapi juga berfungsi sebagai pengawas dalam jalannya kegiatan pemasaran perusahaan. Sehingaa, pelaku pemasaran dapat lebih mudah dan bekerja sesuai kualitas yang efektif.

Jenis Strategi Pemasaran

Umumnya ada 3 jenis strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh suatu perusahaan yaitu:

  1. Undifferentiated marketing

Jenis strategi pemasaran yang pertama adalah undifferentiated marketing atau tidak membeda-bedakan pasar. Stretegi ini menilai bahwa semua pasar adalah target pemasaran. Karena keseluruhan, maka perusahaan hanya berusaha menarik target dengan satu rencana atau strategi pemasaran/marketing saja.

  1. Differentiated marketing

Jenis strategi ini merupakan strategi yang membeda-bedakan pasar artinya produk yang dihasilkan perusahaan hanya ditujukan pada kelompok tertentu saja bukan kelompok secara keseluruhan. Misalnya, perusahaan popok bayi hanya menarget konsumennya yaitu bayi atau ibu yang memiliki bayi. Atau bisa juga perusahaan memiliki banyak produk yang dipasarkan di segmen pasar yang berbeda-beda sesuai kebutuhan kelompok konsumen.

  1. Concentrated Marketing

Sedangkan jenis strategi pemasaran concentrated marketing ini mengkhususkan pemasaran produk ke dalam beberapa segmen pasar saja dengan mempertimbangkan keterbatasan sumberdaya yang dimiliki perusahaan.

Kelebihan strategi ini adalah perusahaan mendapatkan posisi yang kuat dalam segmen yang dipilihnya karena perusahaan lebih terfokus pada satu saja. Sedangkan kekurangannya adalah ada resiko besar jika hanya bergantung pada satu target pasar saja misalnya jika kalah saing dengan perusahaan lain yang lebih baik.

Contoh Strategi Pemasaran

Nah, ada beberapa contoh strategi pemasaran yang digunakan pada perusahaan-perusahaan pada umumnya, diantara adalah:

  • Partnership

Strategi marketing ini merupakan strategi dengan berkolaborasi dengan pihak lain. strategi ini memiliki keuntungan yaitu seperti dianggap lebih hemat biaya dan lebih memiliki potensi untuk sukses.

  • Bekerjasama dengan Influencer

Bekerjasama dengan influencer juga merupakan salah satu contoh stratgei pemasara yang banyak digunakan oleh banyak perusahaan. Influencer ini biasanya dipilih tokoh yang memang banyak diikuti oleh kelompok segmen pasar yang menjadi target pemasaran. Pada jaman sekarang, selebgram banyak dipilih perusahaan untuk mempromosikan produknya apalagi jika target pasarnya adalah anak milenial yang akrab dengan instagram. Tujuannya bukan hanya mengenalkan produk, tapi juga bertujuan meningkatkan penjualan.

  • Melibatkan Karyawan

Contoh lain adalah melibatkan karyawan dalam strategi pemasaran seperti membuat iklan lucu atau promosi yang lain. Melibatkan karyawan memiliki keuntungan ganda karena karyawan akan merasa sangat bangga dan juga akan dengan senang hati share video iklan perusahaan.

  • Menjaga Pelanggan Lama

Menjaga pelanggan lama juga jadi strategi marketing yang bisa diandalkan. Karena pelanggan lama merupakan orang paling loyal dalam membeli produk perusahaan. Caranya, perusahaan memberikan bonus kecil agar menjaga agar pelanggan lama tidak pindah ke perusahaan lain.

Kategori: Pendidikan

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: