Home » SBM » Sayur » Mentimun

Mentimun

Mentimun (Cucumis sativus L.)

Mentimun atau bonteng merupakan tanaman semusim yang bersifat menjalar. Tanaman tersebut menjalar atau memajat dengan menggunakan alat panjat berbentuk pilin (spilar). Panjang batang mentimun 0,5m – 1,5m. Daun mentimun lebar berlekuk menjari dan dangkal, berwarna hijau muda sampai hijau tua. Daunnya beraroma kurang sedap dan langu. Bulunya tidak begitu tajam.

Klasifikasi Tanaman

  • Divisi: Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Cucurbitales
  • Famili: Cucurbitaceae
  • Genus : Cucumis
  • Spesies : Cucumis Sativus L.
manfaat mentimun
buah mentimun

Bunga tanaman mentimun berwarna kuning dan berbentuk terompet. Tanaman ini berumah satu artinya, bunga jantan dan bunga betina terpisah, tetapi  masih dalam satu pohon. Bunga betina mempunyai bakal buah berbentuk lonjong yang membengkak, sedangkan bunga jantan tidak. Letak bakal buah tersebut di bawah mahkota bunga. Daun mahkota berwarna kuning menyala.

Buah mentimun banyak mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Buah mentimun sangat digemari oleh setiap orang karena rasanya segar, sedikir berair, dan dingin.

Jenis Mentimun

Mentimun (Cucumis sativus L) atau dijawa barat dikenal dengan nama bonteng. Ada pula yang menyebutnya dengan nama timun. Mentimun dibagi dalam dua golongan, yaitu mentimun yang buahnya berbintil – bintil dan mentimun krai.

Mentimun yang buahnya terdapat bintil bintil seperti jerawat, terutama pada bagian pangkal buah, terdiri dari tiga macam sebagai berikut:

  • Mentimun biasa atau timun

Kulit buah mentimun ini tipis dan lunak. Saat muda buahnya berwarna hijau keputih putihan, setelah tua berwarna cokelat. Jenis mentimun inilah yang banyak ditanam di indonesia.

  • Mentimun watang

Kulit buah mentimun ini tebal dan agak keras. Saat mudah buahnya berwarna hijau keputih putihan, setelah tua menjadi kuning tua.

  • Mentimun wuku

Kulit buah mentimun ini agak tebal. Saat mudah buahnya berwarna kecoklatan, setelah tua menjadi cokelat tuan.

Adapun krai atau mentimun krai berbuah halus dan tidak berjerawat. Buahnya berwarna kuning-kekuningan dan bergaris garis putih. Kri terbagi dua macam, yaitu krai besar dan mentimun suri. Krai besar seperti mentimun biasa, baik bentuk buah maupun rasanya.

Sementara itu, buah mentimun suri, bentuknya lonjong (oval) dan rasanya repui. Di jawa barat, mentimun suri dikenal sebagai mentimun puan. Mentimun suri ini sering dibuat sebagai minuman es-sirup (es dan sirup).

Budidaya Tanaman

Mentimun dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai ketinggian 1000m dpl. Oleh karena itu, di dataran rendah mentimun banyak ditanam, misalnya Darmaga  dan Ciomas (bogor)

Syarat- penting penting tumbuhnya mentimun ialah tanahnya subur, pH tanah antara 6 – 7, dan lahannya harus terbuka. Selain itu, tanaman ini perlu banyak air, terutama waktu berbunga, tetapi tanahnya tidak menggenang. Walaupun demikian tanaman ini tidak senang banyak hujan. Oleh karena itu, waktu bertanam yang baik ialah pada akhir musim hujan atau musim kemarau.

Cara Tanam

Mentimun dikembangbiakkan dengan biji. Biji dapat langsung ditanam tanpa disemai. Tanah yang akan digunakan terlebih dahulu dicangkul sedalam 30cm kemudian diratakan. Setelah itu, tanah dibuat lubang lubang tanam dengan jarak antar lubang 50cm dan jarak antarbaris lubang 100cm. Lubang tersebut, kemudian diberi pupuk kandang atau kompos yang telah matang sebanyak 2-3kg.

Setiap lubang ditanam 2-3 biji mentimun kemudian ditutup dengan tanah tipis tipis. Untuk penanaman lahan seluas satu hektar diperlukan 3 kg biji mentimun. Biji tersebut akan tumbuh setelah 3 – 5 hari ditanam. Selanjutnya tanaman dipelihara hanya satu per lubang.

Sesudah berumur dua minggu dari waktu tanam, tanaman diperjarang. Tanaman yang lemah dibuag. Tanaman yang dicabut dapat dipindahkan ke lubang yang bijinya tidak tumbuh. Penjarangan ini dimaksudkan agar tanaman yang ditinggalkan dapat tumbuh dengan bebas dan cepat besar. Tanaman sebaiknya dirambatkan pada lanjaran seperti kacang panjang.

Sesudah tanaman berumur satu bulan, pupuk  buatan mulai diberikan. Pupuk buatan berupa campuran urea, TSP, dan KCL dengan perbandingan 1 : 2 : 1 sebanyak 20g/tanaman (100kg urea, 200 kg TSP dan 100 kg KCl tiap hektar). Pupuk buatan ini diletakkan di sekeliling tanaman sejauh 5cm dari batangnya. sebaiknya pupuk diberikan bersamaan saat tanah di dangir. Tanah tersebut ditinggikan sepanjang baris tanaman sehingga terbentuk bedengan  dan selokan pembungan air diantar barisan.

Pemeliharaan Tanaman

Tanaman mentimun tidak banyak membutuhkan perawatan, cukup dengan memotong ujung ujung tanaman jika tumbuh terlalu subur serta memberantas hama dan penyakit. Hama yang sering menyerang adalah oteng-oteng (Epilachna sp.). Hama tersebut merusak tanaman dengan memakan daun daun. Pemberantasannya dengan insektisida, diantaranya Decis, 2,5 EC 0,2%.

Tanaman yang terserang penyakit menular seperti penyakit layu harus segera dibuang. Penyakit layu disebabkan oleh sejenis bakteri atau virus mosaik. Biasanya penyakit layu yang sering menyerang antara lain penyakit embun yang disebut downy mildew.

Penyakit embum sering timbul jika malam hari mendung. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Pseudoperonospora cubensis Berk & Curt. (Rostow). Penyakit ini dapat diberantas dengan Dithane M-45 atau Antracol 0,2%asalkan belum terlambat. Bagi mentimun biasa perlu dipasang ajir (lanjaran) dari belahan bambu. Tinggi ajir dapat mencapai 2m . ajir ditancapkan ke tanah dekat tanaman untuk rambatannya.

Pemanenan

Tanaman mentimun biasanya mulai berbunga umur 45-50 hari dari waktu tanam. Biasanya bunga pertama sampai kelima adalah jantan. Panen pertama buah mentimun ketika tanaman berumur dua bulan dari waktu tanam. Untuk asinan, buah harus dipanen muda.

Tanaman yang terawat dengan baik dan sehat dapat menghasilkan 20 ton buah tiap hektar. Produksi mentimun yang diolah menjadi asinan (pickle) sangat populer dalam perdagangan internasional.

Manfaat Mentimun

Buat mentimun dapat dibuat acar dan asinan. Jenis yang sering dibuat asinan adalah mentimun jepang. Buah mentimun jepang kecil sekali. Adapun mentimun krai biasanya hanya dimakan mentah sebagai lalap, sedangkan mentimun suri biasanya untuk minuman es sirup. Buah mentimun biasa dibuat sayur bening, dibuat gado gado, dibuat lalapan mentah (rebus). Buah mentimun dapat menurunkan takanan darah tinggi.

Selain manfaat diatas, berikut sejumlah manfaat mentimun yang baik untuk kesehatan, tubuh, kulit dan kecantikan.

    • Membantu menurunkan berat tubuh

Tanaman yang termasuk dalam buah dan sayur ini memiliki kalori  yang rendah, dengan demikian bagi anda yang memiliki program diet buah ini dapat membantu anda mencapai berat tubuh yang ideal.

    • Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Dalam buah mentimin terkandung kalium yang memiliki kemampuan untuk mengatur kadar gam yang terdapat pada ginjal.

Umumnya orang yang memiliki tekanan darah tinggi, pada tubuhnya terdapat kadar sodium yang cukup tinggi. Selain itu, buah mentimun juga mengandung nutrisi seperti;  magnesium & serat yang bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

    • Membantu menurunkan kolesterol

Dalam buah mentimun terdapat “sterol” yaitu senyawa yang dapat membantu mengurangi kadar kolestrol yang terdapat dalam tubuh

    • Melawan kanker

Dalam buah mentimun terdapat 3  lignan yakni pinoresinol, laricesinol, dan sesoisolariciresinol, yang yang baik untuk mengurangi resiko berbagai jenis kanker seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker rahim

    • Membantu meredakan sakit kepala dan mabuk

Dengan mengunya irisan mentimun sebelum tidur dipercaya dapat membantu meredakan sakit kepala & mabuk saat terbangun di pagi hari. Hal ini dikarenakan dalam buah tersebut terdapat vit B, gula & elektrolit untuk mengisi beberapa nutrisi penting bagi tubuh.

    • Meredakan nyeri sendi dan encok

Buah mentimun dikenal sebagai sumber silika yang dapat membantu memperkuat jaringan sendi.  Dalam jus mentimun terdapat kalsium, folat, potassium, magnesium, dan Vita A, C, B1, dan B6.

    • Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

Buah mentimun sering dijadikan sebagai masker yang bertujuan untuk meremajakan kulit, menghilangkan bintik-bintik hitam, jerawat, dan lain-lain. Selain itu buah ini juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit dan rambut seperti mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari,.

Selain buah mentimun juga mengandung sulfur & silikon yang baik untuk pertumbuhan rambut menjadi sehat. Irisan mentimun juga dapat meringankan bengkak yang dibawah mata.

    • Melancarkan sistem pencernaan

Buah mentimun memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan . dengan mengkonsumsi mentimun 3 kali sehari dapat membantu anda terhindar dari masalah pencernaan, dan mengatasi masalah penceraan yang sedang diderita saat ini.

    • Meningkatkan kesehatan otak

Kandungan flanol  anti inflamasi yang terdapat didalam buah ini dapat membantu meningkatkan konektivitas pada neuron, sehingga akan meningkatkan kesehatan otak.

 

 

1

2

3