Home » SBM » Buah » Kurma

Kurma

Morfologi Kurma

Siapa yang belum mengenal buah kurma?. Buah yang biasa dijadikan sebagai takjilan saat berbuka puasa ini bukan buah yang berasal dari tanah air indonesia, namun keberadaan buah khas Timur tengah ini sudah sangat dikenal ditengah masyarakat.

Kurma menjadi salah satu jenis buah yang menjadi incaran  banyak orang terutama saat bulan Ramadhan tiba. Buah kurma sangat mudah kita temukan di supermarket, pasar tradisional atau bahkan di pinggir jalan saat bulan Ramadhan tiba.

Buah kurma dihasilkan dari pohon keluarga Aracaceae dari genus phoenix. Pohon kurma dibudidayakan terutama untuk diambil buahnya.

Pohon kuram dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 30 meter dipadang pasir (kering). Pohon ini telah ditanam sejak 8000 tahun yang lalu terutama di Babilonia.

Kurma yang memiliki nama latin Dactyfera phoenix ini diyakini berasal dari teluk Persia dan dulu banyak ditemukan disekitar sungai Nil dan Efrat. Sekarang pohon telah banyak dibudidayakan di berbagai wilayah disemua benua termasuk Afrika, Australia, dan Amerika.

Awal tahun 1950-an Irak dapat memproduksi kurma mencapai 600.000 ton/tahun dan menjadi poros produsen terbesar di dunia.

Pohon kurma dapat tumbuh dengan baik di tanah berpasir padat maupun liat. Tanaman ini tidak suka dengan air hujan karena tumbuh pada suhu temperatur 32,200C dan tidak sering terkena hujan sehingga tanaman ini cukup susah tumbuh di tanah Indonesia. Untuk dapat memanen buah  kurma membutuhkan waktu yang cukup lama karena tanaman ini membutuhkan  puluha tahun untuk berproduksi.

Setelah 8-10 tahun pohon kurma baru mulai berbuah sampai 100 tahun. Setelah tahun ke 13 satu pohon dapat menghasilkan 80kg buah kurma tetapi setelah mencapai umur 60 – 80 tahun biasanya produksinya mulai menurun.

Buah kurma berbentuk lonjong dengan panjang 2,5-7,5 cm dan berwarna cokelat gelap, kemerah-merahan atau cokelat kekuning-kuningan. Kurma segar memiliki daging yang berserat lembut dan memiliki rasa yang manis seperti campuran madu, sirup, dan gula. Kurma juga merupakan  jenis makanan yang dapat bertahan lama untuk disimpan karena kandungan maupun bentuknya tidak akan rusak meskipun sudah disimpan cukup lama.

Spoiler title

jenis dan manfaat kurma

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Arecales

Famili: Arecaceae

Genus: Phoenix

Spesies: P. Dactylifer

Wikipedia

Varietas Jenis Kurma 

Apakah anda adalah salah satu penggemar kurma? Buah kurma adalah salah satu jenis bauh yang paling populer menjelang bulan Ramadhan. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah kurma juga cocok untuk dijadikan tambahan dalam berbagai olahan makanan seperti campuran kue, sirup kurma maupun minuman segar berbahan kurma

Kurma Ajwa/Kurma Nabi

Jenis kurma Ajwa ini hanya tumbuh di Arab saudi, tepatnya di kota Madinah. Kurma Ajwa juga dikenal dengan sebutan kurma Nabi. Mengapa disebut dengan kurma Nabi? Karena konon katanya jenis kurma ini merupakan kurma yang menjadi favorit Nabi Muhammad SAW. dan konon asal muasaln  kurma Ajwa atau Kurma Nabi ini ditanam sendiri oleh Nabi Muhammad SAW. di kota Madinah sekitar 14 abad yang lampau.

Nama Ajwa berasal dari nama Ajua yang merupakan nama anak sahabat Salaman Alfarni, orang persia yang masuk Islam dan menjadi seorang muslim. Dia mewakafkan lahan kurmanya untuk perjuangan islam. Untuk mengenang jasa jasanya, Rasul menaman kurma yang biasa di makannya saat berbuka puasa sebagai kurma Ajwa.

Ciri khas buah kurma Ajwa ini berbentuk bulat dan berwarna hitam. Daging buahnya tebal, agak kerring dan bertektur lembut. Rasanya tidak terlalu menggigit seperti jenis kurma  lannya dan tidak memiliki  cita rasa seperti kismis. Kurma Ajwa termasuk kurma yang paling lezat, harum dan empuk

Hingga sekarang jumlah kurma Ajwa di Madinah tidak terlalu banyak hanya sekitar ratusan saja sehingga tidak heran jika harganya juga selangit.

Buah kurma Ajwa memiliki keistimewahan tersendiri bagai kaum muslim, karena selain sebagai jenis kurma yang digemari oleh Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW sendiri juga telah menganjurkan untuk sudah memakan 7 buah kurma Ajwa di pagi hari (sahur) dan saat berbuka puasa.

Kandungan karbohidrat yang mudah dicerna di dalam tubuh kita dan rasanya yang manis menjadikan buah ini dangat dianjurkan untuk dimakan saat puasa agar kondisi tubuh menjadi lebih cepat pulih dan segar kambali.

Kurma Sekki

Kurma sekki merupakan salah satu jenis kurma yang memiliki warna unik karena terdiri dari dua jenis warna. Bagian atas kurma berwarna kekuning-kuningan sedangkan di bagian bawahnya berwarna kecokelatan.

manfaat kurma

Selain warnanya yang berbeda, rasa dan tekstur dari masing masingnya juga berbeda. Bagian daging buah yang berwarna kekuningan memiliki tekstur yang  lebih keras, sedangkan bagian yang kecokelatan lebih empuk dan kenyal. Daging buahnya yang lembut memiliki rasa manis sedang karena rasa manisnya tidak terlalu manis dan tidak terlalu tawar.

Kurma Barhi

Kurma merupakan santapan bulan puasa yang paling diminati saat bulan Ramadhan. Namun, buah kurma sebenarnya tidak hanya dapat kita jumpai pada bulan Ramadhan saja. Kurma Barhi adalah salah satu jenis kurma yang dapat kita nikmati di luar bulan ramadhan karena keberadaannya dapat kita jumpai sehari hari biasa.

gizi kurma

Kurma barhi berbentuk agak bulat hampir silinder dan memiliki warna keemasan pada permukaannya. Tekstur daging buahnya lembut seperti daging durian dan rasa manisnya sedang dengan ada sedikit rasa caramel saat kita cicipi.

Kurma Kholas

Kurma kholas sangat dikenal di tanah Arab saudi. Sekilas buah kurma kholas ini hampir mirip dengan kurma barhi karena sama sama memiliki warna cokelat terang atau keemasan pada permukaannya.

kandungan kurma

Kedua jenis ini dapat dikatakan “serupa tetapi tidak sama” karena kita cermati lagi walaupun memiliki warna yang sama tetapi kedua kurma ini memiliki  citarasa yang berbeda, dimana kurma kholas memiliki tekstur yang lebih lembut dengan rasa manis sedang dan memiliki citarasa coffe caramel. Teksturnya yang lembut dan rasa manisnya yang sedang ini membuat kurma kholas menjadi terkenal dan banyak diminati para pecinta kurma.

kurma Khidri

 sekilas kurma khidri ini juga mirip dengan kurma Ajwa, tetapi setelah dilihat lebih teliti kembali, kulit kurma Khidri berwarna merah marun dengan bentuk yang panjang dan agak lonjong.

manfaat kurma

Tekstur daging buah kurma Khidri lebih kering dan kenyal dengan tingkat rasa manis yang sedang. Jenis kurma khidri  ini paling mudah kita jumpai karena sering sebagai bahan dasar olahan kurma  seperti kurma isi almond, orange hingga untuk campuran cokelat.

Rasanya yang tidak terlalu manis ini sangat cocok dikombinasikan dengan berbagai jenis isian yang memiliki berbagai citarasa.

Kurma Mactoumi

Jenis kurma mactoumi ini cocok bagi anda yang tidak terlalu suda dengan rasa manis. Mengapa demikian? Karena kurma mactoumi ini memiliki  tekstur yang kenyal dan memiliki rasa yang tidak terlalu manis.

Jenis kurma ini memiliki bentuk yang sedikit lebih besar, berwarna merah kecokelatan, permukaannya agak keriput dan tebal, tetapi daging buahnya kenyal dengan rasa manis yang pas sehingga cocok sebagai santapan saat berbuka puasa.

Kurma Amir Haji

Jenis kurma ini sering dikenal dengan jenis kurma Amir haji yang biasa tumbuh di tanah Irak. Daging buah kurma ini tebal dan memiliki terksur yang lembut. Dalam tradisi masyarakat Irak, kurma Amir Haji ini biasanya disajikan sebagai kudapan bagi tamu yang datang ke rumah mereka sehingga sering dikenal dengan visitor’s date atau dikenal juga dengan ‘welcome kurma

Kurma Deglet Noor

Jenis kurma deglet noor merupakan varietas unggulan dan sangat terkenal di Algeria, Tunisia, Amerika dan Libya. Sebutan deglet noor ini berarti cahaya yang diambil dari warnanya yang berwarna kuning keemasan menyerupai sinar matahari. Kurma ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis dan teksturnya tidak terlalu keras.

Kurma Mozafati

varietas kurma

Kurma mozafati banyak tumbuh diwilayah Iran. Jenis kurma ini memiliki ukuran sedang dengan warna yang gelap. Tekstur daging buahnya yang lembut dan citarasanya yang manis membuat jenis kurma mozafati ini nikmat jika disantap ketika masih segar. Jenis kurma mozafati ini dapat tahan lama hingga 2 tahun jika disimpan pada suhu -150C.

Kurma Thoory

Di Indonesia sendiri jenis kurma thoory atau yang biasa disebut dengan kurma Thuri ini cukup banyak ditemui di pasaran. Kurm Thoory ini merupakan jenis kurma yang populer di Aljazair. Kurma yang juga memiliki sifat tahan lama ini berwarna sedikit cokelat kemerahan dan kulit buahnya cendrung keriput, namun ketika diawetkan warnanya bisa berubah menjadi kebiru-biruan.

Ciri utama dari kuram Thoory ini adalah daging buahnya yang cukup kering dan kulitnya yang cendrung keras sehingga susah untuk dimakan. Namun, walaupun daging buahnya kering, rasa dagingny tetapi manis dengan sedikit sentuhan rasa kacang.

 Kandungan Gizi Buah Kurma (100 g)  

Zat Gizi Jumlah Zat Gizi Jumlah

Vitamin

Air 18,27 Vitamin A 9 IU
Energi 251 kkal Vitamin B1 (tiamin) 0,046 mg
Protein 2,81 g Vitamin B2 (riboflavin) 0,059 mg
Karbohidrat 66,78 Vitamin B3 (niasin) 1,134 mg
Serat 7,1 g Vitamin B5 (asam panto tenat) 0,525 mg
Gula 56,38 g Vitamin B6 (piridoxin) 0,147 mg
Total Lemak 0,35 g Vitamin B9 (folat) 17 mcg
Lemak jenuh 0,0028 g Vitamin B12 0 mcg
Kolestrol 0 mg Vitamin C 0,4 mg

Mineral

Vitamin E 0,04 mg
Kalsium 35 mg Vitamin K 24 mcg
Zat besi 0,91 mg Fitonutrisi
Magnesium 38 mg Beta karoten 5 mcg
Fosfor 55 mg Beta kriptoxantin 0 mcg
Kalium 484 mg likopen 0 mcg
Sodium 2 mg Lutein dan zeaxantin 67 mcg
Seng 0,26 mg

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan 

Buah kurma adalah salah satu buah yang paling manis diantara buah buahan yang ada di dunia ini. buah mengandung nutrisi lengkap ini mampu memberikan banyak manfaat bagi para penikmatnya sehingga tidak ada ruginya jika menjadikan buah kecil nan manis ini menjadi salah satu buah favorit di meja kerja.

Beragam nutrisi yang terkandung di dalam buah kurma ini mampu memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan kita, antara lain sebagai berikut:

Sebagai sumber energi bagi tubuh

Kandungan gula alami seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa di dalam buah kurma ini dapat dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh kita. Selain itu kandungan mineral di dalamnya juga mampu meningkatkan stamina tubuh kita. Itulah sebabnya buah kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Mencegah anemia

Kurma merupakan sumber zat besi dan kalsium yag baik. Kedua zat tersebut sangat berperan dalam pembentukan darah. Kurma mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi yang dapat berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam sel darah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

Meningkatkan fungsi pencernaan dan memperlancar buang air besar

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, karena selain dapat menyehatkan tubuh kita, juga mampu memperlancar sistem pencernaan kita. Serat sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus besar dan mampu membantu kita yang mengalami gangguan buang air besar seperti susah buang besar atau sembelit.

Serat yang terkandung dalam buah kurma juga dapat digunakan sebagai bahan antibiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus sehingga mampu menjaga kesehatan perncernaan dan mencegah sembelit.

Meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah

Buah kurma yang telah diekstrak dan menghasilkan sari kurma mengandung karbohidrat seperti manosa, galaktosa dan xilosa yang berperan sebagai bahan penyusun granula trombosit dan berfungsi untuk meningkatkan kadar trombosit (keping darah)

Mencegah penyakit jantung dan stroke

Kalium  merupakan salah satu jenis mineral yang terkandung dalam kurma dan memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah, karena kalium dapat mengatur tekanan darah, mengaktifkan kontraksi otot otot jantung dan menstabilkan stabil denyut jantung.

Selain kalium, dalam buah kurma juga terkandung magnesium. Magnesium merupakan salah satu mineral yang dikenal sebagai antiinflamasi (antiradang), sehingga bermanfaat ununtuk mencegah peradangan pada pembuluh darah arteri dan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

 Cara Memilih Kurma Yang Baik

Selain nikmat disantap tanpa dimasak atau olahan lebih lanjut, biasanya buah kurma dapat dicampurkan ke dalam beberapa menu masakan atau dapat juga diolah menjadi minuman yang lebih segar dan disajikan saat menjelang bulan puasa. Mengingat banyaknya manfaat yang dihasilkan dari buah kurma menyebabkan buah ini menjadi salah satu jenis makanan yang disajikan untuk dikonsumsi, khususnya bagi umat muslim saat bulan Ramadhan.

Karena itulah penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara memilih buah kurma yang berkualitas. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih buah kurma yang berkualitas dipasaran, antara laint sebagai berikut:

  1. Jika membeli buah kurma dalam kemasan, sebaiknya periksa kemasan dengan teliti. Jangan membeli buah kurma dalam kemasan yang mengalami kerusakan.
  2. Pilihlah buah kurma yang dikemas dengan baik dan periksa tanggal kadaluarsa pada kemasan sera periksa apakah terdapat jaminan dari badan kesehatan.
  3. Kurma yang berkualitas baik umumnya memiliki selaput luar atau kulit ari yang masih utuh dan tidak rusak serta ada lubang pada kulit kurmanya.
  4. Kurma yang masih segar biasanya berwarna cokelat, merah kekuningan atau kecokelatan.
  5. Aroma buah kurma tidak aneh, kerna pada umumnya kurma yang masih baik tidak memiliki aroma.
  6. Tekstur kurma padat dan tidak lengket saat dipegang. Jika saat dipegang buah kurma terasa lengket, patut dicurigai kurma tersebut telah dimanupulasi dengan dicampur gula merah untuk meningkatkan kemanisannya.
  7. Pastikan kurma masih terdapat batang dibagian bawahnya. Batang kurma ini menjadi tanda kurma masih segar dan juga berfungsi mempertahankan rasa manis alami dari kurma.
  8. Perhatikan guratan pada kurma. Buah kurma yang berkualitas memiliki guratan – guratan kecil. Contohnya kurma nabi, salah satu jenis yang mahal, yang memiliki guratan paling jelas.

Lihat juga