Kata budaya sepertinya sudah tidak asing di telinga kita. Akan tetapi, mungkin banyak yang belum tahu betul tentang apa itu budaya. Secara umum, budaya memiliki pengertian sebagai suatu cara hidup yang sifatnya mengatur agar setiap manusia mengerti dan juga memahami apa yang harus dilakukan serta untuk menunjukkan perilaku dalam menjalin hubungan dengan manusia yang lain.

pengertian budaya, jenis, nilai dan konsep budaya
Budaya berburu ikan secara tradisional saat ini sudah hilang di tengah masyarakat

Pengertian Budaya

Kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “Buddhayah”. Kata tersebut merupakan bentuk jamak dari kata “buddi” yang berarti  akal, pikiran atau budi. Maka, dalam bahasa Sansekerta budaya memiliki arti sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan akal, pikiran atau budi.

Sedangkan dalam bahasa Latin, kata budaya berasal dari kata “colere” yang memiliki arti mengolah atau mengerjakan. Ada juga dalam bahasa Inggris, berasal dari kata “culture” yang memiliki arti budaya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian budaya diartikan sebagai adat-istiadat, akal, pikiran, maupun budi. Kata budaya lebih merujuk kepada pola pikir seorang manusia. Segala hal tersebut berkaitan dengan bahasa atau metode komunikasi, kebiasaan yang terjadi di lingkungan hidup manusia atau biasa disebut dengan adat istiadat. Budaya juga banyak diartikan oleh beberapa ahli diantaranya ialah:

  • Linton

Budaya diartikan sebagai semua pengetahuan, pola pikir, perilaku, maupun sikap yang merupakan kebiasaan masyarakat. Hal ini didapati serta diwariskan oleh para nenek moyang secara turun temurun.

  • Edward Burnett Tylor

Pengertian budaya yang tertuang dalam bukunya “Primmitive Culture”, ialah keseluruhan yang bersifat kompleks dan rumit, dan di dalamnya mengandung ilmu pengetahuan, moral, kepercayaan, hukum, adat istiadat, dan lain sebagainya.

  • Soemardjan dan Soemardi

Soemardi dan Soemardjan mengartikan budaya sebagai seluruh cipta, rasa, dan hasil karya yang tercipta di lingkungan masyarakat. Berasal dari karya masyarakat selanjutnya akan menghasilkan kebudayaan, teknologi kebendaan maupun kebudayaan jasmaniah yang akan digunakan oleh masyarakat untuk mempergunakan alam sekitarnya.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil juga kekuatan yang dapat diabadikan untuk keperluan manusia.

  • Kelly dan Kluckhohn

Berdasarkan pendapat Kelly dan Kluckhohn, budaya memiliki arti semua rencana dan rancangan hidup manusia yang diwujudkan secara historis. Baik rasional maupun irasional, eksplisit maupun implisit, semua yang ada pada suatu waktu itu digunakan sebagai pedoman potensial perilaku manusia.

  • Koentjaraningrat

Pengertian budaya menurut Koentjaraningrat ialah semua sistem ide, gagasan, maupun tindakan serta hasil karya manusia dalam usaha kehidupan bermasyarakat yang selanjutnya dijadikan klaim manusia dengan metode belajar.

Niai Budaya

 Nilai budaya merupakan suatu konsep yang sifatnya abstrak yang berisi tentang masalah umum dan masalah besar yang sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat.

Hal ini akan menjadi pedoman dari tingkah laku sebagian besar bahkan seluruh anggota masyarakat yang ada.  Nilai budaya berada di dalam akal pikiran mereka dan sangat sulit untuk digambarkan secara rasional. Nilai budaya memiliki sifat yang langgeng, hal ini megakibatkan nilai budaya tidak mudah untuk mengalami perubahan atau tergantikan dengan nilai budaya yang lainya kecuali jika ada faktor tertentu.

Di negara Indonesia, memiliki nilai budaya seperti Pancasila dengan lima silanya yang merupakan satu sistem dan satu kesatuan yang utuh. Sila-sila tersebut sangat penting untuk negara Indonesia dengan tujuan memelihara persatuan dan kesatuan.

Indonesia juga memiliki banyal sekali aneka ragam suku, golongan, kelompok, maupun adat istiadat yang menyebabkan variasi nilai budaya yang ada di Indonesia. Berbagai suku atau golongan tersebut mewujudkan nilai gotong royong, musyawarah, toleransi, nasionalisme, setia kawan, tertib, harga diri, lapang dada, dan lain sebagainya.

Akan tetapi dengan adanya nilai budaya Pancasila, bangsa Indoensia tetap dapat bersatu. Karena sila-sila yang ada dalam pancasila sangatlah kuat dan sangat terkait dengan nilai budaya suku atau golongan di Indonesia.

Unsur Budaya

Di dalam suatu budaya akan mengandung unsur-unsur diantaranya:

  1. Pengetahuan

Budaya mencakup pengetahuan tentang keadaan lingkungan manusia serta sifat peralatan yang digunakan. Sistem pengetahuan ini meliputi tumbuhan dan binatang, ruang dan waktu, perilaku dan sifat manusia, ruang pengetahuan tentang alam, dan pengetahuan yang lain.

  1. Peralatan Teknologi Hidup

Budaya mengandung unsur peralatan teknologi hidup dimana maksudnya ialah semua hal yang ada pada manusia. Meliputi semua sifat, tindakan dan perilaku manusia. Hal ini berkaitan dengan pemrosesan bahan baku mentah beserta pengumpulanya dengan tujuan untuk kebutuhan manusia.

  1. Kemasyarakatan

Sekelompok masyarakat yang saling berempati dimana mencakup kenegaraan, kesatuan hidup,organisasi, perkumpulan, dan lain sebagainya. Budaya dan kemasyarakatan memiliki keterkaitan dimana budaya umumnya tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat dalam jangka waktu yang lama dan digunakan sebagai pedoman masyarakat dalam berperilaku.

  1. Bahasa

Selain kemasyarakatan, budaya juga memiliki unsur bahasa dimana bahasa merupakan bagian dari budaya. Bahasa  mampu menjadi media perantara yang paling utama bagi manusia dalam mewujudkan suatu kebudayaan dan mempraktikan kebudayaan tersebut.

  1. Mata Pencaharian Hidup

Seluruh aktivitas manusia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini mencakup ekonomi, berburu, berdagang, mananam, perkebunan, dan lain sebagainya. Mata pencaharian hidup ini juga memiliki keterkaitan dengan budaya yang ada di lingkungan masyarakat.

  1. Religi atau Agama

Religi atau agama yang ada di masyarakat saling bersatu padu dengan budaya yang muncul didalamnya. Hal ini berhubungan dengan hal-hal suci yang tidak dapat muncul oleh logika dan pikiran manusia. Religi atau agama ini mencakup komunikasi agama, keyakinan, pandangan hidup, upacara keagamaan dan lain sebagainya.

  1. Kesenian

Semua hal yang berkaitan dengan hasrat, nafsu dan keinginan manusia terhadap suatu keindahan merupakan bentuk kesenian. Secara umum, bentuk keseniaan adalah seni suara, seni tari, dan seni rupa. Budaya yang timbul di masyarakat juga banyak yang berkaitan dengan kesenian yang ada di dalamnya.

Konsep Budaya

Dari pengertian juga unsur budaya yang telah disampaikan, kita dapat mengetahui bagaimana konsep budaya itu sendiri. Konsep budaya mampu dipahami seiring dengan adanya perubahan tingkah laku dan struktur dari masyarakat itu sendiri. Perubahan tingkah laku dan struktur masyarakat tersebut terjadi karena adanya perubahan dan perkembangan teknologi.

Wujud Budaya

Budaya yang ada dalam suatu masyarakat sejatinya terbentuk atau terwujud dalam 3 hal, diantaranya ialah:

  • Gagasan atau Ide Pokok

Gagasan disini merupakan suatu pola pikir atau cara pikir yang terwujud dari seluruh ide dan gagasan yang sifatnya abstrak. Hal tersebut berada di dalam alam sadar atau pikiran manusia. Pandangan masyarakat terhadap segala sesuatu yang mereka lihat dan amati serta mereka jalani dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu gagasan atau ide pokok dalam suatu budaya.

  • Aktivitas

Aktivitas merupakan suatu kegiatan atau tindakan yang dilakukan oleh manusia di lingkungan sekitar. Hal tersebut terbentuk dalam suatu bentuk sistem sosial, yang menyebabkan manusia dapat saling berhubungan dan berinteraksi ataupun bekerjasama melakukan suatu kegiatan dengan manusia lainnya sesuai dengan adat istiadat dan kebiasaan masing-masing.

  • Hasil Budaya

Hasil budaya ialah suatu hasil karya yang dihasilkan oleh kegiatan serta aktivitas manusia, baik berupa fisik ataupun benda. Hal tersebut disebabkan oleh adanya ide atau gagasan yang diterapkan dalam aktivitas manusia agar dapat dilihat, diabadikan dan diamati secara langsung dan nyata.

Ciri-Ciri Budaya

Selain memiliki unsur dan wujudnya, budaya juga memiliki ciri-ciri khusus, diantaranya ialah:

  1. Budaya merupakan suatu simbol, dimana dapat menyimbolkan suatu daerah atau suku.
  2. Budaya bukan merupakan bawaan, namun harus dipelajari.
  3. Budaya dapat diwariskan secara turun temurun.
  4. Budaya dapat tersebar melalui komunikasi antar kelompok, individu, ataupun generasi.
  5. Budaya memiliki sifat dinamis, dimana budaya akan selalu berubah sepanjang zaman.
  6. Budaya memiliki sifat selektif, dimana menampilkan pola perilaku dan pengalaman manusia.
  7. ANtara berbagi unsur dari budaya bisa saling berhubungan atau berkaitan.
  8. Budaya bersifat etnosentrik, dimana mengklaim bahwa budaya yang dimilikinya adalah yang terbaik.
  9. Budaya dapat berubah dengan adanya pengaruh globalisasi.

Faktor Pendorong dan Penghambat Budaya

Dalam suatu budaya, terdapat faktor-faktor yang dapat mendorong maupun menghambat suatu budaya, berikut penjelasannya.

  1. Faktor Pendorong Terjadinya Budaya
    • Terdapat niatan untuk melestarikan budaya.
    • Adanya generasi penerus yang mau dan siap untuk melanjutkan budaya.
    • Muncul, tumbuh dan tertanam dalam hati rasa cinta terhadap
    • Adanya hasrat untuk menjaga kelestarian budaya agar budaya tidak lenyap.
    • Adanya perubahan dalam lingkungan hidup yang dapat mendukung berkembangnya budaya.
  1. Faktor Penghambat Terjadinya Budaya
    • Banyak sekali budaya asing yang masuk dan dapat menggeser budaya lokal.
    • Tidak adanya rasa dalam diri masyarakat untuk mau dan tetap melestarikan budaya.
    • Generasi penerus yang sudah tidak peduli dengan adanya budaya dalam masyarakat yang sudah lama ada.
    • Masyarakat yang menganggap budaya yang ada ialah budaya kuno, sehingga membiarkanya menghilang.

Fungsi Dan Manfaat Budaya

Apa fungsi dan manfaat budaya yang ada di masyarakat? Fungsi utama dari budaya ialah kita dapat mempelajari suatu warisan yang berasal dari nenek moyang. Budaya juga sehala unsur yang ada didalamnya mamupunyai ikatan dengan waktu dan bukan merupakan kuantitas yang statis.

Budaya dapat berubah apabila ada faktor yang mendorong perubahan tersebut. Faktor tersebut jugalah yang akan menentukan cepat atau lambatnya budaya akan mengalami perubahan. Selain dari fungsi tersebut budaya juga memiliki fungsi diantanya ialah:

  1. Timbulnya rasa toleransi dan empati.
  2. Meningkatkan rasa nasionalisme dan saling bekerjasama.
  3. Masyarakat menjadi lebih saling menghargai satu sama lain.
  4. Adanya sarana untuk menjalin sosialisasi.
  5. Sebagai media belajar bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas.
  6. Sebagai pedoman dalam bertindak dan berperilaku.

Contoh contoh Budaya

Di indonesia banyak sekali budaya yang timbul dan berkembang di masyarakatnya. Baik budaya berupa tingkah laku, karya maupun adat istiadat yang biasa dilakukan, diantaranya ialah:

  • Musik keroncong.
  • Musik dangdut.
  • Upacara potong jari di Papua.
  • Seni tari reog.
  • Upacara kematian Ngaben di Bali
  • Budaya gotong royong.
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.

1

%d blogger menyukai ini: