Home » SBM » Buah » Manfaat buah delima untuk kecantikan

Manfaat buah delima untuk kecantikan

Kandungan Buah Delima dan manfaatnya

Delima dapat diibaratkan seperti buah legenda yang sering disebut sebut dalam banyak hikayat. Namun, dengan perkembangan ilmu pengetahuan, buah delima tidak hanya dikenal sebagai buah yang dapat menawarkan kesegaran rasa saja, karena berbagai penelitian telah membuktikan bahwa buah yang mengandung banyak biji ini mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit kita.

Buah delima diketahui mengandung vitamin C, A, E dan zat besi serta antioksidan yang dapat menjaga kecantikan kulit, mencegah penuaan dini dan menentralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.

Berbagai macam kandungan dalam buah delima ini mampu memenuhi  kebutuhan nutrisi  kulit kita sehingga kesehatan kulit tetap terjaga. Mungkin banyak orang yang masih kurang sadar tentang manfaat buah delima untuk kesehatan kulit, tetapi sebenarnya buah ini telah lama digunakan dalam berbagai produk perawatan wajah.

Klasifikasi Buah Delima

manfaat buah delima untuk kecantikan

Klasifikasi ilmiah

Kingdom : Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Subkelas: Rosidae

Ordo: Myrtales

Famili: Lythraceae

Genus: Punica

Spesies: P. Granatum

Wikipedia

Manfaat Buah Delima untuk Kulit dan Kecantikan 

Berikut adalah berbagai macam manfaat buah delima untuk kesehatan kulit, antara lain:

  1. Buah delima mampu mencegah penuaan dini

Proses penuaan pasti akan terjadi dan alami oleh setiap manusia, namun jika proses penuaan ini muncul sebelum waktunya atau dikenal dengan penuaan dini pasti akan menimbulkan berbagai masalah bagi kita, terutama bagi kaum wanita.

Karena gejala penuaan dini akan terlihat jelas pada kulit wajah, seperti munculnya keriput dan garis kalus di wajah, wajah yang kusam, timbulnya noda hitam dan berbagai masalah kulit wajah lainnya. Jika hal ini terjadi pasti akan sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri kita ketika berada di depan umum.

Namun, tidak usah khawatir karena sebenarnya masalah penuaan dini yang banyak menghantui ini dapat dicegah dan diatasii hanya dengan menggunakan bahan bahan alami yang tentunya aman untuk kesehatan kulit kita. Salah satunya adalah dengna menggunakan buah delima.

Setelah dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh kita, buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi ini dipercaya mampu melawan berbagai tanda penuaan dini, seperti kulit kusam, keriput dan mencegah terjadinya noda hitam. Buah delima mampu mencegah penuaan dini pada kulit.

Seperti kita ketahui, kulit kita terdiri dari berbagai lapisan. Kandungan minyak pada biji delima selain mampu memperkuat lapisan terluar dari kulit kita (lapisan epidermis) sehingga mengurangi kulit keriput, minyak biji delima ini juga elastin yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit sehingga kulit wajah tampak awet muda dan bersih.

Selain itu buah delima dikenal sebagai sumber vitamin C yang baik, karena dengan mengkonsumsi satu buah delima berukuran sedang setiap hari maka 15% dari kebutuhan harian kita akan terpenuhi.

Vitamin sangat berperan dalam kesehatan selain sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga memiliki peran dalam produksi kolagen yang diperlukan untuk kesehatan kulit, sehingga keriput yang muncul akibat penuaan dini yang disebabkan radikal bebas maupun faktor usia dapat dicegah dengan minyak biji delima.

  1. Buah delima membantu regenerasi sel

Berbagai masalah yang sering terjadi pada kulit, seperti pigmentasi kulit dan flek hitam yang muncul pada kulit, biasanya disebabkan adanya kerusakan pada kulit. Kerusakan pada kulit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti polusi udara, sinar matahari maupun kurangnnya asupan nutrisi pada kulit yang menyebabkan proses regenerasi sel lapisan kulit menjadi terganggu.

Buah delima mampu melindungi lapisan epidermis kulit kita serta merangsang regenerasi sel kulit serta kandungan gula dalam buah delima juga mampu bertindak sebagai bahan scrup yang berfungsi untuk menghilangkan sel sel kulit mati sehingga kulit wajah akan terlihat lebih segar dan awet muda.

  1. Buah delima membantu mengatasi gangguan jerawat

Masalah kulit yang sering terjadi pada kulit remaja salah satunya adalah munculnya jerawat di wajah. Jerawat yang mengganggu kecantikan kulit wajah ii dapat disebabkan ketidakseimbangan hormon, masalah pencernaan maupun kotoran yang banyak menempel di permukaan kulit wajah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Buah delima yang merupakan sumber vitamin C yang tinggi mampu mengatur produksi sebum atau zat minyak yang dikeluarkan oleh kulit wajah yang menyebabkan jerawat. Selain itu, buah delima juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga kesehatan kulit kita tetap terjaga. Untuk menghilangkan jerawat, kita dapat memanfaatkan jus buah delima dan mengoleskan pada kulit wajah sebagai masker.

  1. Buah delima membantu menghidrasi dan melembabkan kulit

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit wajah kita ikut menua. Hal ini akan memicu timbulnya berbagai masalah pada kulit wajah seperti semakin sulitnya menjaga kelembapan kulit sehingga kulit akan tampak kering. Buah delima memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

Sama seperti buah buahan lainnya yang memiliki banyak air, buah delima juga memiliki kemampuan untuk menghidrasi kulit pada kulit wajah yang kering sehingga kulit tetap lembab. Selain membantu  menghidrasi kulit, minyak delima pun mampu menjaga keseimbangan pH kulit sehingga kulit wajah kita tetap terjaga kelembapannya.

  1. Buah delima membantu mengatasi kulit kering dan berminyak

Kehebatan buah delima berikutnya adalah buah ini sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit pada semua jenis kulit, baik pada kulit kering maupun kulit berminyak. Mengapa demikian? Pada kulit yang kering, struktur molekul buah delima yang kecil mampu menembus ke dalam lapisan kulit pecah – pecah.

Hal ini disebabkan adanya kandungan asam punicic yaitu asam lemak omega 5 pada buah delima yang berfungsi mencegah hilangnya kelembapan pada kulit. Sedangkan pada kulit yang berminyak, karena buah delima mampu mengatur produksi zat minyak yang dikeluarkan oleh kulit sehingga sangat baik untuk melawan dan mencegah timbulnya jerawat serta dapat mengatasi iritasi pada kulit.

  1. Buah delima melindungi kulit dari bahaya sinar matahari

Buah delima sering dikenal dan digunakan sebagai sunblock alami karena kandungan dalam buahnya mampu melindungi kulit dan melawan efek sinar matahari yang dapat merusak kulit.

Kandungan antioksidan dalam buah delima memiliki peran yang penting untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan paparan sinar matahari secara langsung saat kita beraktivitas diluar rumah.

Minyak delima diketahui memiliki senyawa pelindung matahari yang mampu melindungi kulit kita dari kerusakan akibat radikal bebas, mencegah terjadinya kanker kulit, mengatasi kulit terbakar dan mengurangi tanda tanda kerusakan kulit lainnya akibat sinar matahari.

Para peneliti dalam penelitiannya telah membuktikan adanya kandungan asam ellagic dan antioksidan polfenol dalam minyak delima yang mampu melindungi kulit dari kanker kulit dan menghambat pertumbuhan tumor kulit.

  1. Buah delima menjaga elastisitas kulit dan membantu mengencangkan kulit.

Setiap orang pasti menginginkan kulit yang sehat, lembut, kencang, terlihat berkilau dan awet muda. Untuk mewujudkannya kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan berbagai macam perawatan khusus untuk wajah kita. Kerana tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, kita dapat memanfaatkan buah delima sebagai salah satu bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit pada wajah kita.

Buah delima telah banyak dikenal mampu merangsang pembentukan kolegen dan elastin dalam kulit sehingga dapat membantu menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah kita.

Minyak delima memiliki kandungan asam lemak dan asam punicic dan tecopherol yang mampu menjaga kulit tetap sehat, lembut dan bebas iritasi sebuah penelitian juga telah menunjukkan bahwa minyak delima mampu meningkatkan sintesis dari prokolagen, memperkuat epidermis kulit serta meningkatkan elastisitas kulit.

Selain mampu menjaga elastisitas kulit, minya delima juga berfungsi menjaga kekencangan kulit. Minyak ini memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang membantu kulit memerangi iritasi dan masalah kulit lainnya. Minya delima juga merangsang produksi keratinosit  yang berfungsi merevitalisasi kulit dan merangsang pertumbuhan sel sel epidermis yang sehat.

Lihat juga:

1